Senin, 24 Desember 2018

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian

Roda Dua - Berjumpa lagi di MotorArea. Pada segmen kali ini Saya akan berbagi sedikit mengenai pengalaman Saya tentang Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian. Motor yang Saya gunakan sejak tahun 2008 kelahiran tahun 2004 ini tentunya merupakan motor bebek 4 tak yang memiliki umur kurang lebih 10 tahun, yang artinya umur 10 tahun pada kendaraan ini tentunya sudah termasuk tua, hehe.. Karena terbilang sudah uzur, Supra x memiliki keluhan terhadap performa si mesin yang terasa semakin berkurang atau semakin loyo tentunya, ya sama saja kaya kita makhluk hidup, semakin berumur semakin loyo mungkin. he...

Sebagai motor yang digunakan untuk harian, performa si motor tentunya sangatlah menentukan ketika kita gunakan untuk keperluan, apalagi ketika terburu-buru atau menempuh jarak jauh dan sebagainya. Untuk meningkatkan performa Honda Supra X agar mendapatkan hasil yang sempurna tentunya perlu mengganti beberapa spare part. Pada Honda Supra ini Saya ganti beberapa part seperti karburator, seher, Spull, CDI, Koil dan pada bagian kopling. Tidak mau panjang lebar, langsung saja deh perhatikan ulasan Pamer Ala Social Climber dibawah ini.

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian
Modifikasi Honda Supra X
* Yang pertama diganti adalah Karburator standar dengan Rx King

Fungsi Karburator adalah :
a. Mengatur perbandingan campuran udara dan bahan bakar.
b. Menjadikan campuran tersebut menjadi kabut.
c. Menambah atau mengurangi jumlah campuran sesuai dengan kecepatan dan beban motor yang berubah-ubah.

Menurut fungsinya diatas, Karburator adalah komponen esensial pada mesin kendaraan Anda. Menjalankan peran utama sebagai alat untuk mencampur bahan bakar dan udara yang akan menuju ke ruang pembakaran dalam. Sehingga menurut Saya pergantian karburator ini sangat diperlukan. Dengan mengganti karburator bawaan supra x yang diganti dengan menggunakan milik Rx King + Manipul Mio, tentunya perubahan yang dilakuklan ini memberikan perubahan yang sangat signifikan.

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian
Spare Part Honda Supra X
* Pergantian Seher dengan diameter yang lebih besar

Pada bagian piston, sebagaimana yang banyak dilakukan para koreker yang percaya bahwa dengan mengganti seher bawaan yang diganti dengan diameter yang lebih besar, maka performa si motor akan lebih berasa meningkat. Pada nyatanya memang terasa meningkat dengan mengganti seher bawaan Honda supra x sendiri yang diganti dengan seher yang berdiameter lebih besar. Untuk seher, saya gunakan milik Jupiter Z over size 0.75. Kenapa Saya mengambilnya hanya 0.75 ..? Hal ini saya lakukan karena tujuan saya upgrade mesin disini hanya digunakan untuk harian, yang artinya mesin akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan yang biasa digunakan dilintasan balap.

Dengan diameter piston atau seher diperbesar dan mengganti Karburator dengan Rx King, maka hal yang harus dilakukan agar kinerja pembakaran si motor maksimal adalah dengan merubah pengapian agar mendapatkan percikan yang lebih besar. Pengapian disini sangatlah berperan penting, karena jika kita lakukan perbesaran diameter, mengganti Karburator dengan menggunakan yang lebih gede, maka dengan secara otomatis campuran udara dengan bahan bakar pada ruang pembakaran pun akan lebih banyak. Nah, jika pada sistem pengapian tidak ikut dirubah, maka yang menjadi kerugian disini adalah proses pembakaran yang kurang maksimal serta busi yang akan cepat mati. Hal ini telah terbukti pada motor saya Kawan, yang awalnya saya tidak memperhatikan pengapian, hingga keseringan ganti busi juga akhirnya saya rubah sistem pengapiannya agar menjadi lebih besar. Dengan mengganti spull menggunakan merek Fukuyama, CDI menggunakan original Shogun 110 (shogun kebo) dan untuk meningkatkannya dengan mengganti koil milik Yamaha Mio yang sisertai busi racing (iridium). Al hasil, performa yang didapat akan lebih terasa meningkat.

* Bagian kopling otomatis dirubah jadi kopling manual.

Pada bagian kopling, Saya terapkan disini dengan menggunakan kopling manual. Karena bawaan Honda Supra x sendiri adalah masih menggunakan kopling otomatis, maka dari itu saya rubah hingga menjadi kopling manual, karena kopling manual disini dapat menbantu tarikan awal si motor agar lebih agresif. Pada bagian kopling itu sendiri yang saya ganti adalah per kopling pake racing, kanvas kopling original supra x, pada bagian kampas ganda kita las paten tanpa harus copot kampas ganda, gunanya tidak dicopot karena sebagai pemberat agar putaran mesin akan lebih berasa padat. Untuk blok kopling sendiri, Saya gunakan blok original yang dirubah menjadi kopling manual dengan bentuk kopling yang serupa dengan motor kopling asli.
Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian
Blok Kopling SHonda Supra X
 Setelah beberapa bagian diatas dirubah, maka Anda akan merasakan hasilnya sendiri. Dengan performa yang memiliki peningkatan, tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Kita. Namun ketika Anda ingin melakukan Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian seperti halnya diatas, maka hendaknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya, atau dapat juga cari referensi di media Internet sebagai acuan untuk Anda. Dibawah ini merupakan beberapa part yang diganti.

Rincian Spare Part yang diganti :

* Karburator original Rx King (Keihin)
* Seher Jupiter Z, OS 0.75mm
* Spull Fukuyama (supra x)
* CDI Shogun 110 (shogun kebo)
* Koil Yamaha Mio
* Busi Racing (Iridium)
* Per Kopling Racing
* Kanvas kopling Original Supra X (AHM)
* Blok Kopling Rubahan

Bagi Anda warga Kuningan - Jabar, Saya rekomendasikan bengkel untuk membantu dalam merawat atau meningkatkan performa motor Anda. Anda dapat kunjungi bengkel Shinta Motor,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

authorHello, my name is Jack Sparrow. I'm a 50 year old self-employed Pirate from the Caribbean.
Learn More →



Tags